Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengelola Uang Secara Efektif yang Baik dan Benar Gen Z

Cara mengelola uang secara efektif apakah menjadi sebuah hambatan dikalangan generasi Z? Nampaknya memang mengelola uang secara efektif oleh Gen Z ini sangat sulit sekali. Karena gaya hidup yang konsumtif serta gaya hidup yang kurang baik, mengakibatkan menjadi hal yang patut di kelola dengan baik. Kesulitan menabung, hedonisme dan permainan yang ilegal menjadi gaya hidup Gen Z walau tidak semuanya begitu.

cara mengelola uang secara efektif

Nah pada artikel ini akan membahas mengenai cara mengelola uang secara efektif, baik untuk Gen Z yang masih bersekolah atau kuliah maupun yang sudah bekerja. Disini penulis akan membagikan tips pengelolaan keuangan dengan gaji 3 jutaan dan mampu menabung di beberapa instrumen pasar modal. Bagaimana tips pengelolaan keuangannya, mari simak cara mengelola uang dengan bijak, sebagai berikut:

Cara Mengelola Uang dengan Bijak Gaji 3 Juta

Gaji 3 juta menjadi seorang fresh graduated yang sedang membangun karir, apalagi sebagai seorang Gen Z tentunya akan menjadi sebuah tantangan dalam pengeloaan keuangan. Namun jika kita jago dalam mengelola uang dengan bijak tentunya itu adalah hal yang mudah.

Mengelola Uang dengan Membaginya

Mengelola uang dengan membaginya menjadi sebuah hal yang harus diharuskan. Semisal membagi uang untuk kebutuhan pokok, biaya internet, bensin dan lainnya. Cara mengelola uang dengan bijak seperti ini menjadi landasan untuk memulai menata disiplin keuangan. Memang terasa sulit untuk pertama kali ketika melakukan. Namun jika sudah terbiasa kurang lebih berjalan 6 bulan, maka kamu sebagai Gen Z akan lebih disiplin dan akan hidup hemat sesuai pengeluaranmu.

Nah dari cara mengelola uang dengan gaji 3 juta diatas, akan mudah kita mempunyai tabungan atau dana darurat dari gaji yang kita dapatkan. Atau semisal kamu masih pelajar dan mahasiswa, biaya bulanan kamu yang didapatkan entah dari uang saku atau kerja sampingan dapat diatur seperti diatas.

Mencatat Pengeluaran yang Terjadi

Cara mengelola uang dengan bijak dalam sehari-hari adalah mencatat pengeluaran yang terjadi atau dilakukan. Nah tindakan ini walau memang terkesan agak ribet, namun kita yang terbiasa melakukan sudah pasti akan hati-hati dalam melakukan pembelajaan uang atau pengeluaran. Dengan kehati-hatian yang ada, tentunya kita akan disiplin untuk mengeluarkan uang dalam hal yang penting saja.

Coba bandingkan antara kamu mencatat keuangan dan tidak, mana yang lebih boros dan hemat? tentunya saat kita mencatat pengeluaran keuangan akan terlihat dimana pembelanjaan uang yang paling banyak dan mana yang tidak penting. Darisitulah kamu akan lebih berhati-hati dan meminimalisir hidup konsumtif.

Frugal Living? Siapa Takut!

Prinsip frugal living memang sangat bagus sekali diterapkan untuk Gen Z apalagi yang belum berkeluarga. Konsep frugal living ini adalah gaya hidup berhemat seminim mungkin namun bukan berarti pelit dan tidak mementingkan kesehatan. Nah konsep frugal living yang benar adalah kita hanya mengeluarkan pembelanjaan uang, untuk kebutuhan pokok tanpa mengurangi asupan vitamin dalam artian makanan yang sehat dan seimbang. Semisal jika kamu bekerja dan kuliah termasuk dekat, bisa jalan kaki atau menaiki sepeda. Selain sehat, juga tentunya hemat akan biaya bensin yang dikeluarkan.

Biasanya frugal living diterapkan oleh anak kos, dengan keterbatasan dana yang ada. Namun terkadang konsepnya salah, menghemat sehemat mungkin akan tetapi kesehatan tidak diperhatikan. Nah disitulah letak kesalahan frugal living untuk anak kos atau pelajar dan mahasiswa.

Nah itulah cara mengelola uang secara efektif yang baik dan benar untuk Gen Z. Tentunya cara diatas hanya sedikit dan singkat, namun kedepannya akan ada tips-tips menarik lainnya dari ahlikeuangan.com yang akan dibagikan untuk pembaca semua. Semoga Bermanfaat.


Posting Komentar untuk "Cara Mengelola Uang Secara Efektif yang Baik dan Benar Gen Z"