Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Investasi Jangka Panjang yang Aman Bagi Pemula

 Investasi adalah sebuah kegiatan investasi dalam bentuk penanaman modal merupakan kebutuhan berdasarkan dana untuk membiayai sebuah bisnis. Investasi saat ini sangat bagus dilakukan untuk mengatasi berbagai masalah keuangan seperti inflasi dan dana darurat. Anggapan lain, investasi adalah kegiatan menabung yang dilakukan oleh seseorang.

Tentu untuk memilih sebuah instrumen investasi harus hati-hati dan kita wajib menganalisa terlebih dahulu. Banyak sekali investor pemula yang terjebak karena investasi bodong. Angan-angan untuk mendapatkan uang malah berakhir malapetaka kehilangan uang. Perlu yang dipahami untuk investasi adalah pemahaman akan tingkat risikonya, jangka waktu, dan tingkat pengembaliannya.

investasi jangka panjang
investasi jangka panjang

Dari jangka waktu, investasi dibagi menjadi dua yaitu investasi jangka panjang dan investasi jangka pendek. Kemudian dari tingkat risikonya, investasi dipetakan menjadi tiga yaitu ringan, moderat (tengah-tengah) dan tinggi. Lalu dari tingkat pengembaliannya (return), investasti dibagi menjadi 2 yaitu return kecil dan return tinggi.

Adapun penulis ingin membagikan tips seputar investasi jangka panjang yang aman bagi pemula, agar para pemula dapat mencoba menyisihkan uangnya baik gaji maupun uang saku, diantaranya:

Tips Investasi Jangka Panjang Bagi Pemula

Ada beberapa tips dasar dan sangat penting untuk dipahami oleh investor jangka panjang yang ingin menginvestasi sebagian kecil dananya, seperti berikut:
  1. Analisa apa instrumen yang cocok dan berisiko kecil-menengah, jangan langsung memilih yang risiko tinggi karena tergiur return yang tinggi.
  2. Manajemen uang yang baik tiap bulannya.
  3. Pahami instrumen tersebut secara detail.
  4. Pahami syarat-syarat pada instrumen terkait.
  5. Tahu kapan wajib top up dana investasi.
  6. Latihan membaca laporan keuangan.
  7. Pahami risiko yang dihasilkan oleh instrumen terkait.
Setelah memahami Tips Investasi Jangka Panjang maka penjelasan untuk 5 investasi jangka panjang yang cocok untuk pemula ada dibawah ini.

5 Instrumen Investasi Jangka Panjang Investor Pemula

Ada beberapa instrumen investasi yang dapat dipilih oleh investor pemula yang ingin menginvestasikan dananya diatas 5 tahun. karena investasi jangka panjang biasanya diatas 5 tahunan.

Reksadana Pendapatan Tetap

Yang pertama ada Reksadana Pendapatan Tetap. Instrumen pasar modal dan investasi yang satu ini merupakan produk reksadana. Reksadana Pendapatan Tetap memiliki tingkat pengembalian atau return diatas deposito dan dibawah saham. Memiliki risiko menengah atau moderat dan masa investasi 3-6 tahun. Produk investasi jangka panjang yang satu ini sangat cocok untuk dipilih.\

Obligasi

Obligasi atau yang dikenal surat utang yang berharga biasanya dikeluarkan oleh perusahaan atau pemerintah untuk mendapatkan suntikan dananya. Jika obligasi ini kita membeli satu produk obligasi saja, dan reksadana pendapatan tetap maka dana yang dinvestasikan oleh manajer investasi di beberapa produk obligasi. Obligasi sendiri biasanya memberikan return diatas deposito dan ada voucher tiap bulannya.

Deposito Berjangka

Deposito Berjangka merupakan salah satu produk perbankan dan keuangan. Deposito berjangka memiliki jangka waktu yang panjang yaitu 1 tahun keatas sesuai kesepakatan diawal. Bunga dari deposito berjangka biasanya akan diberikan diakhir dengan pengambilan total dana yang diinvestasikan. 

Emas

Kenaikan yang cukup stabil akan tetapi lama. Menjadikan emas sebagai instrumen investasi jangka panjang yang sangat bagus untuk pemula. Memang untuk mendapatkan return atau imbal hasil dari investasi emas ini sangat lama sekali dibanding instrumen investasi jangka panjang lainnya. Akan tetapi dana para investor akan tetap aman dengan risiko minim sekali atau bahkan mengalami kerugian yang tinggi. Emas menjadi pilihan ketika suku bunga turun dan kondisi ekonomi tidak menentu. Biasanta emas yang diinvestasikan berupa logam mulia atau emas antam.

Nah diatas merupakan penjelasan dari 4 instrumen jangka panjang yang aman bagi pemula. Tentunya untuk mendapatkan hasil yang bagus, teman-teman harus sabar dan rajin untuk melakukan top up secara berkala bisa 1 bulan sekali atau 2 bulan sekali. Semoga Bermanfaat.

Posting Komentar untuk "4 Investasi Jangka Panjang yang Aman Bagi Pemula"