Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menabung Saham Bagi Pemula Mulai Dari 0

Disaat dunia mengalami penurunan trend ekonomi baik adanya faktor seperti krisis dan peperangan, menjadikan tingkat inflasi meninggi. Tingkat inflasi yang meningkat ini menyebabkan berbagai kenaikan harga bahan pokok dan barang lain bahkan seperti BBM. Nah cara terbaik untuk menyelamatkan harta atau kekayaan agar tidak terkena inflasi saat ini adalah investasi.

Investasi adalah kegiatan menabung yang dilakukan oleh seseorang dengan harapan untuk mendapatkan suatu keuntungan atau imbal hasil atas dana yang ditanamkan menjadi modal usaha. Banyak sekali instrumen investasi yang dapat kita pilih. Namun penulis ahlikeuangan.com akan membahas mengenai investasi saham.

cara menabung saham
cara menabung saham

Investasi saham tidak serta merta mudah untuk para pemula apalagi yang memulai dari 0 tanpa pembekalan ilmu dasar. Itu sangat membahayakan, karena tingkat risiko dari investasi saham ini sangat tinggi bahkan dapat menyebabkan kehilangan seluruh dana yang diinvestasikan loh. Maka dari itu penulis akan membagikan cara menabung saham bagi pemula dari 0 agar lebih aman dari risiko kehilangan seluruh dana yang diinvestasikan.

Pengertian Investasi Saham

Investasi saham merupakan sebuah instrumen investasi mengenai kepemilikan atas modal yang ditanamkan di suatu perusahaan. Ketika pihak investor menanamkan dananya kepada suatu perusahaan terkait, maka investor tersebut berhak atas kepemilikan yang ada. Saham biasanya diperdangkan di bursa saham pasar modal. Saat ini cara menabung saham sangat mudah karena dapat diakses melalui platform aplikasi maupun website tanpa datang langsung ke sekuritas.

Investasi saham menjadi pilihan karena imbal hasil atau tingkat return yang tinggi dibandingkan beberapa instrumen investasi lainnya. Namun kerugian yang ditimbulkan juga tinggi, sebanding dengan return yang dihasilkan.

Cara Menabung Saham bagi Pemula agar tidak Mengalami Kerugian

Adapun cara menabung saham bagi pemula agar tidak mengalami kerugian atas dana yang diinvestasikan, tips ini penulis berikan karena menurut dari pengalaman selama menjalani investasi dan trading dari tahun 2018 di pasar modal.
  1. Pilihlah perusahan yang profitable, biasanya perusahan yang profitable laporan keuangannya sehat serta tidak mengalami kerugian pada laba bersihnya.
  2. Pilihlah perusahaan yang kita paham apa itu lini bisnisnya, menginvestasikan dananya di perusahaan A berarti harus paham apa usaha perusahaan A tersebut. Sebagai contoh perusahaan Sidomuncul dengan kode SIDO, penulis menginvestasikan dananya di perusahaan itu karena penulis tahu mengenai lini bisnisnya yaitu produk yang sering dikonsumsi yaitu obat herbal.
  3. Analisis indikator keuangan perusahaan mulai dari dasarnya dahulu, indikator keuangan yang sering digunakan oleh investor pemula seperti ROA, ROE, DER, CR dan ada indikator lain seperti PBV, EPS, DAR dan TATO. Jadi kamu harus belajar dahulu cara screening laporan keuangan agar tidak membeli saham seperti kucing dalam karung.
  4. Gunakan metode dollar cost averaging, metode ini dapat kamu lakukan yaitu rajin top up tabungan saham di perusahaan terkait seperti sebulan sekali saat harga sedang turun, atau 2 minggu sekali. Saham bagus untuk kita tabung sampai 5 tahun keatas.
  5. Jangan tergiur dengan FOMO dari para influencer untuk diajak investasi di perusahaan mana saja. Cukup analisis dari analisa teknikal dan fundamental serta yakin terhadap analisismu. Banyak sekali alat atau ilmu yang dapat kamu manfaatkan, jangan ikutan FOMO orang lain ya.

Platform Investasi Saham Online untuk Pemula

Ada beberapa platform yang sudah penulis uji untuk melakukan transaksi, namun selain itu mendapatkan rekomendasi dari teman atau sesama investor, diantaranya:
  • Bibit
  • Ajaib
  • IPOT / Indopremier
  • Mirae Sekuritas
  • Philip Sekuritas
  • RHB Sekuritas
Yang sudah penulis coba untuk transaksi yaitu Ajaib, Bibit dan IPOT. Untuk yang lain dari rekomendasi sesama forum investor, dimana bagus untuk dicoba oleh pemula. Untuk analisis di aplikasi yang lengkap serta tidak terlalu delay maka IPOT sangat ramah sekali. Namun Mirae Sekuritas menjadi banyak pilihan oleh para investor retail.

Nah jadi teman-teman bisa sesuaikan saja mana yang bagus sesuai rekomendasi diatas. Terpenting teman-teman paham dahulu mengenai ilmu dasarnya dan jangan tergiur karena FOMO oleh para influencer. Sekali lagi yakin terhadap analisis pribadi. Jika masih belum paham terkait analisa fundamental dan teknikal dapat belajar dahulu selama beberapa waktu, setelah paham dapat menginvestasikan di saham LQ45. Semoga Bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Menabung Saham Bagi Pemula Mulai Dari 0"